Selasa, 21 Februari 2017

Review buku science research writing karya hilary glasman-deal



Selain jadi tutor dan asisten Kimia Dasar, tujuan saya balik ke jogja adalah menyelesaikan beberapa paper hasil penelitian tim riset metaloporfirin. Ketika menulis paper saya sangat kesusahan bahkan paper pertama saat saya submit bisa dibilang "sampah", seperti yang dikatakan mas Umar : "Hukum Penulisan Esai Akademik: Draft pertama adalah sampah. *Itulah sebabnya kita perlu seminar, conference, peer review, dan semacamnya, agar bisa mengolah "sampah" jadi pupuk yg menyuburkan "tanaman"(baca: para pembaca) lewat paper dan artikel kita..." Bersyukur Juli 2016 kemarin paper kami sudah dipublish oleh American Institute Physics Publishing. Perlu 8 bulan untuk published mulai dari seminar, review, revisi dsb.

Nah buku Science Research Writing ini sangat membantu agar sampah masih ada bau pupuknya lah kalau untuk nulis pertama. Buku ini ngejelasin banget mulai dari Introduction sampai Conclusion, bagaimana nulisnya apa aja substansinya, dan vocab yang seperti apa yang baik serta tawaran opsi dari vocab tersebut, dahsyat pokoknya !

Kalau sering baca buku ini besar kemungkinan pikiran kita mulai terkonstruksi secara ilmiah, skill literature review pun mulai terbangun, kuat dugaan kalau paper kita pun jadi semakin smooth. Saya sendiri masih harus buka buku tersebut kalau nyambi nulis dan revisi.

Pokoknya Semangat Publikasi buat Indonesia !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar