Senin, 01 Januari 2018

Visa Pendidikan di Thailand


(Kantor Imigrasi Thailand di Changwaetana)


Pada postingan ini, aku coba sedikit share tentang Visa Pendidikan di Thailand. Jadi ketika kamu mau melanjutkan studi di Thailand untuk visa sendiri kamu bisa memilih dua opsi
1. Membuat di Indonesia (Hanya beberapa kota seperti Jakarta, Bali dsb silahkan cek)
2. Membuat langsung di Imigrasi Bangkok (dengan catatan setiba di bangkok langsung dibuat dengan memaksimalkan visa bebas ASEAN <30 hari)

Nah, kalau di Indonesia kisarannya satu jutaaan, kalau urus di bangkok kisarannya 2000 Baht. Visa yang didapat dari proses itu hanya berlaku 90 hari dan kita harus memperpanjang lagi. Untuk memperpanjang kita butuh surat pengantar dari departemen, pasport dsb silahkan dicek di website imigrasi thailand. Setelah semua dokumen persyaratan lengkap kita dapat langsung ke Changwattana kantor Imigrasi bangkok untuk mengurus, dengan membayar kisaran 2000 Baht Visa kita diperpanjang setahun. Nah setelah diperpanjang setahun, tidak otomatis kita sudah bebas, kita masih ada wajib lapor 90 hari ke imigrasi, nah yang ini gratis ndak ada pungutan biaya, jadinya ya tinggal lapor aja tiap 90 hari sekali, baiknya jangan terlalu mendekati hari H, H-15 sudah baik. Nah Visa yang setahun kita dapatkan tadi bisa kita perpanjang lagi deh setahun lagi dengan biaya yang sama seperti tadi.

Oh iya kalau kita mau keluar Thailand kita harus bayar re-entry, tergantung berapa kali keluarnya, single (sekali) atau (multiple) beberapa kali, silahkan dicek harganya. Kalau ndak pakai re-entry Visa kita bisa hangus dan ngulang buat lagi dari awal kan ribet.

Begitulah sedikit sharing terkait urusan visa pendidikan di Thailand, silahkan cek dan ricek di website yang bersangkutan, tulisan ini hanya didasari dari pengalaman penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar