Senin, 01 Januari 2018

Melanjutkan Program Pascasarjana Ilmu Kimia di Chulalongkorn, Kenapa Tidak ?

(Gedung Mahamakut, Gedunya Jurusan Kimia dan Fisika, lengkap dengan laboratoriumnya)


Setelah satu semester berlalu, pada postingan ini aku mau coba sedikit sharing tentang departemen Kimia Chulalongkorn University Thailand. Saat ini aku studi S2 disini dengan beasiswa dari Graduate School, Chulalongkorn University.



Apa yang dapat menunjang kapasitas kita sebagai "future chemist" jika mengambil master atau doktoral program disini :
1. Dosen Pengampu Akademik rata-rata lulusan kampus terbaik dunia (90% lulusan Eropa dan Amerika Serikat).
2. Fasilitas Laboratorium yang lengkap.
3. Kuliah dibawakan dalam bahasa inggris.
4. Akses Laboratorium 24 jam, dan perpustakaan Chula 24 Jam selama masa UTS (1 Bulan) dan UAS (1 Bulan)
5. Kuliah tamu yang biasanya mengundang ahli, sesekali mengundang peraih Nobel.
6. Chulalongkorn berdasarkan QS World Ranking by Subject Chemistry berada di Top 150, satu level bersama Arizona State (US), Cardiff University (UK), Keio Univ (Jepang), Kings College London (UK), Univ. Stuttgart (Jerman), tak garis bawahi dalam bidang kimia ya.
Secara umum menurutku fasilitas tenaga pendidik ataupun laboratorium sangat mendukung, kalau ada kelebihan tentu ada kekurangan dong.

Nah, untuk kekurangan aku harus akui, budaya pendidikan disini hampir sama di Indonesia, Salah satu professor disini juga bilang, Yes.. It is not our culture, but we have to do~
Budaya apa sih ?, Budaya bertanya dan Budaya Mendebat, jadi kelasnya ya hampir mirip kayak kita di Indo, dosen menyampaikan, kalau dikasih sesi tanya jawab ndak banyak yang nanya, bisa jadi juga krna kurang pede dalam menyampaikan bahsa inggris, so far menurutku itu aja sih.

Oh iya untuk mendaftar dengan program beasiswa, kamu cukup pakai TOEFL ITP 500, ingat ITP yang ETS ya, jangan pernah coba2 TOEFL yang dari lembaga bahasa inggris seperti SWIFT atau apapun yg prediction, itu ngaur hahaha.

Jika tertarik untuk studi disini aku sarankan cari calon pembimbing riset, karena dengan ini hidup disini akan lebih enak, dan tentunya ketika datang akan lebih siap

Ini website departemen : http://chemistry3.chemistry.sc.chula.ac.th/index.php/en/

Ini website beasiswa : http://www.grad.chula.ac.th/th/01_information/c01_scholarship_education_eng.php


Untuk pembagian divisi disini kita dibagi empat : Organik, Analitik, Fisik dan Anorganik. Untuk Riset grupnya ada 11 unit riset. Selanjutnya aku coba tampilkan representasi Professor dari tiap divisi, jadi ada 4 Professor (dari 75 staff akademik) yang aku coba tampilkan : nama, pendidikan terakhir, jumlah publikasi dan h-indeks scopus.


Divisi Kimia Analitik : Professor Orawon Chailapakul

Pendidikan Terakhir : S3 University New Mexico (USA)
169 Publikasi dengan h-index 41 (Scopus)



Divisi Kimia Fisik : Professor Supot Hannongbua
Pendidikan Terakhir : S3 Innsbruck University (Austria)
169 Publikasi dengan h-index 25 (Scopus)



Divisi Kimia Anorganik : Professor Thawatchai Tuntulani
Pendidikan Terakhir : S3 Texas A&M (USA)
123 Publikasi dengan h-index 28 (Scopus)



Divisi Kimia Organik : Professor Tirayut Vilaivan

Pendidikan Terakhir : S3 Oxford University (UK)
126 Publikasi dengan h-index 29 (Scopus)

dan masih banyak professor-professor lain, silahkan cek di:  http://chemistry3.chemistry.sc.chula.ac.th/index.php/en/people/faculty-member.html

Nah itu tadi sedikit pengenalan departemen Kimia, Chulalongkorn University. Untuk admission pascasarjana, mereka buka setahun dua kali. 

Pertama buka di bulan april, pantengi websitenya ya dimana nanti jika diterima akan kuliah di agustus. Buka lagi di bulan November untuk kuliah Januari.

Biasanya untuk seleksi ada dua bagian, pertama seleksi berkas di website  http://www.grad.chula.ac.th/eng/admission-and-study

kemudian wawancara dimana nanti salah satu staff departemen akan menghubungi via email. Oh ya untuk beasiswa ditanyakan juga ke departemen, agar nanti membantu secara administrasi. Pesanku banyak tanya aja, karena menurutku juga salah satu kurangnya administrasinya masih kurang rapi, jadi kita dituntut aktif dan "ngoyo", nanya-nanya ke staff departemen yang menghubungi tadi atau ke professor yang dipilih.


Jangan sungkan nanya di kolom komentar ya ^^


*Tulisan ini memang sengaja baru aku buat setelah satu semester jalan studi, karena ingin nulis berdasarkan riset dan pengalaman yang dijalani hehe, sejauh ini aku dapat pengalaman baik yang banyak.

Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar