Rabu, 06 April 2011

Siswa SMU 2 Penemu Antivirus Komputer


HALUAN, Selasa 05 April 2011
BATUSANGKAR-HALUAN. Pada zaman teknologi computer sekarang ini, tidak disia siakan begitu saja oleh seorang siswa SMU 2 Batusangkar untuk memanfaatkan ilmu yang terkandung didalam dunia computer. Andri Kurnia Putra (17) yang sekarang masih duduk di kelas XII SMU 2 Batusangkar ini telah menemukan sebuah Program Antivirus yang dinamakannya Andreal Antivirus (Andreal AV). Dimana Andri yang pernah menjadi Finalis OPSI ( Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia ) tahun 2010 tingkat Nasional di Jakarta ini telah berhasil mengembangkan Andreal AV dengan program lain untuk membasmi virus, mempertahankan computer dari serangan virus dan memperbaiki (fixer) computer dari infeksi virus.
“Andreal AV ini sudah pernah diuji di Smadaver (forum antivirus) dan berhasil dalam membasmi virus computer duplicate, dan saat ini Andreal Antivirus sudah bias di download gratis di http://www.andreal-antivirus.co.cc,” Ujar Andri kepada Haluan yang juga didampingi oleh Kepala Sekolah SMU 2 Batusangkar Desvianorita di Batusangkar.
Pada mulanya, Andri pada tahun 2010 lalu hanya mempelajari fungsi fungsi program VB dari seorang temannya, dan menemukan cara dan langkah SSC ( Simple Scanner Computer ) yang merupakan nama Antivirus pertamanya.
“Kemudian saya merobah nama SSC ini menjadi Astral Antivirus, dan berkat dorongan kedua orang tua, saya kembangkan lagi menjadi program yang lebih sempurna dari Astral AV dan dirobah menjadi Andreal AV,” cerita Andri yang ditemani oleh Team Worknya dalam pengembangan program Andreal AV ini. Menurutnya, nama Andreal AV ini berasal dari namanya dan kedua adiknya, Andri, Regina dan Alam dan merupakan penyempurnaan dari nama Astral AV. 
“Alhamdulillah, saat ini saya tidak lagi sendiri dalam pengembangan Antivirus ini, saya sudah dibantu oleh Team masing masing Erwin Hafif, Arie Saputra dan Fadjar Mulya yang juga merupakan siswa SMU 2 Batusangkar,” kata pasangan Ibnu Mahcyudin dan Hermayenti ini. Dalam pengembangan program yang ditemukannya ini, Andri bersama teamnya berharap mempunyai server sendiri untuk mengupdate Antivirus Andreal dan membagi dalam 2 versi Free dan Premium yang dapat di pakai oleh penguna computer, baik di Indonesia maupun di luar negeri.
“Dengan adanya server milik sendiri kami bisa mengabungkan Database dengan antivirus luar dan karya kami di akui dengan mempunyai lisensi yang terdaftar, disamping ingin lebih mengembangkan program temuan kami ini, kami juga dapat menjual hasil karya kami ini kepada pemakai computer,” tutur Andri berharap.
Disamping itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Datar H. Darisman mengungkapkan, prestasi yang diukir oleh siswa SMU 2 Batusangkar ini merupakan sesuatu eksistensi yang membanggakan bagi Kabupaten Tanah Datar yang mempunyai siswa yang sangat berprestasi.
“Kami harap, siswa dari Sekolah Menengah Atas lain dapat mencontoh karya ilmiah yang diciptakan oleh siswa SMU 2 dengan terus berkarya, semoga karya tokoh IT muda Tanah Datar ini mampu berkiprah di ajang Internasional,” tambah H. Darisman.(h/doy)
dimuat juga di Koran Haluan Sumbar dan disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar